Senin, 14 Desember 2015 07:00

Nasionalisme Pemuda Tangkal Radikalisme

Written by Mus
Rate this item
(0 votes)

Jepara, azzahra.or.id - Nasionalisme pemuda saat ini bisa dibilang mengalami penurunan. Karena mereka menganggap sekarang sudah tidak ada perjuangan mengangkat senjata lagi. Sebab mereka hanya tinggal menikmati hasil perjuangan. Keprihatinan itu diuraikan Dwi Suryoatmojo, Peneliti Madya Kementerian Pertahanan RI dalam seminar bertajuk “Islam Nusantara di Tengah Ancaman Radikalisme” yang berlangsung di aula SMK Az Zahra Mlonggo Jepara, kompleks Pesantren Az Zahra, Jalan Jepara - Bangsri Km.12 Sekuro Mlonggo Jepara, Sabtu (17/10).

Dengan keprihatinan itu alhasil pemuda hanya bisa seenaknya sendiri. Misalnya meminta uang untuk sekolah maupun kuliah. Meskipun pemuda tidak hidup di era penjajahan seyogianya pemuda dituntut memberikan kontribusi yang kreatif dan progresif. Melalui cara itu menurut lelaki kelahiran Jepara, 14 Agustus 1967 radikalisme yang makin berkembang di Indonesia bisa dicegah. Ia menjelaskan sebenarnya pelaku tindak radikal ialah pemuda sehingga yang patut menanggal hal negatif itu juga di tangan pemuda. Sebab pemuda lebih tahu tentang lingkungannya.

Untuk itu pemuda harus disiapkan menjadi generasi potensial untuk menangkal pengaruh-pengaruh yang kurang bagus tersebut sebagai generasi perubahan. “Pemuda sekarang harus disiapkan dengan dibekali dengan ilmu yang baik dan cukup,” kata Kepala Bagian Operasi Intelegen AD. Hal itu menurutnya sejalan dengan apa yang pernah Soekarno yang meminta pemuda untuk mengubah dunia. Selain peran dari pemuda agar nasionalisme tetap berkobar perlu ditopang dengan peran pemerintah.

Juga peran serta dari ulama yang senantiasa untuk dimintai pendapat tentang permasalahan yang dihadapi bangsa. Dalam kegiatan hasil kerjasama PAC IPNU-IPPNU Mlonggo Jepara dan SMK Az Zahra Mlonggo Jepara hadir juga sebagai pembicara Hamzal Sahal, aktifis NU di Jakarta dan KH Nuruddin Amin pengasuh pesantren Hasyim Asyari Bangsri Jepara. Selain Seminar kegiatan yang berlangsung 2 hari ini juga diisi dengan Latihan Kader Muda (Lakmud) dan Pentas Padang Bula (Mus)

Source Image: http://news.liputan6.com

Read 347 times

Ponpes Az Zahra

SMP Az Zahra