Minggu, 10 Mei 2015 07:00

Ajak Peduli Gaza Lewat Musik dan Puisi

Written by Mus
Rate this item
(0 votes)

Jepara - Lembayung Production, salah satu komunitas pelestari budaya di Jepara memanfaatkan keramaian Ramadhan yang berada di Kalinyamatan, khususnya di desa Purwogondo. Komunitas yang beberapa tahun ini nguri-nguri tradisi Baratan di Kalinyamatan mengajak pengunjung Pasar Malam di Purwogondo untuk peduli Gaza di Palestina yang dibombardir tentara Israil.

Ajakan itu mereka apresiasikan lewat musik, puisi serta tari. Ya, itulah kegiatan bertajuk “Nada Cinta untuk Gaza” yang dipusatkan di alun-alun Purwogondo, Kalinyamatan, Jum’at (18/7) malam.

Sekitar 50 personil gabungan Lembayung dan SMPN 3 Welahan yang turut andil berkeliling di desa Purwogondo mengajak masyarakat dan lewat maupun penduduk di pemukiman untuk mendermakan hartanya membantu saudara-saudara di Gaza.

Di Lapangan Kenari, meski suara sejumlah permainan di lapangan, semisal Tong Setan kian menggegelar namun tak menyurutkan sejumlah seniman yang hadir bersenandung untuk Gaza. Sebut saja Lintang Band, Kopi Ireng, Es Gempol Pleret, JS Party dan Mr Gatotkaca membawakan alunan-alunan musik akustiknya.

Kegiatan juga dimeriahkan pembacaan puisi Ella Sofa kolaborasi biola, organ dan tari sufi. Kartika dan Nailis duet baca puisi. Syafiq, Ervi dan Asnah membawakan musikalisasi puisi.

Syafiq Setiawan didampingi Nurul Handayani selaku koordinator kegiatan menyampaikan kegiatan sebagai bentuk kepedulian untuk saudara-saudara di Gaza Palestina. “Ini yang bisa kami lakukan untuk membantu saudara-saudara kita sebagai bentuk uluran kemanusiaan,” tambahnya.

Syafiq menambahkan respon masyarakat, imbuhnya luar biasa. Penggalangan dana selama tiga hari, puncaknya Jum’at (malam ini, red) memperoleh dana 6 juta lebih.

Dana tersebut kata Nur Hidayat, sesepuh Lembayung saat ditemui usai kegiatan menyebutkan dalam waktu dekat hasil penggalangan dana akan didonasikan kepada lembaga yang konsen bidang kemanusiaan. (Mus)

Source Image: hdwallpaperbackgrounds.net

 

Read 213 times

Ponpes Az Zahra

SMP Az Zahra