Minggu, 10 Mei 2015 07:00

Ada Museum Kapal Samudraraksa di Candi Borobudur

Written by Mus
Rate this item
(2 votes)

Magelang - Di kompleks Candi Borobudur Magelang ada museum Kapal Samudraraksa. Kapal Samudraraksa terinspirasi ide mantan angkatan Laut Inggris Philip Beale saat berwisata ke Candi Borobudur dan melihat keindahan relief kapal di candi 20 tahun silam.

Waktu itu Philip berimajinasi jika satu abad lalu para pembuat candi mampu memahat kapal di dinding candi, secara otomatis bangsa Indonesia mampu berlayar dan membuat kapal dari kayu.

Dari imajinasi tersebut ia pulang dan hunting pelbagai literatur. Alhasil, dari berbagai sumber menyebutkan bangsa kita telah melakukan pelayaran perdagangan kayu manis dari Indonesia, Madagaskar dan Afrika.

Penjaga Museum, Riska menjelaskan, untuk membuktikan dan mencoba menyusuri kembali perairan kayu manis, dibuat tim pembuatan kapal yang dipimpin As’ad Abdullah, nelayan Sumenep Madura. Selain didampingi Philip, ada pula Nick Burningham, arsitektur Australia.

“Model kapal merujuk kepada salah satu relief di candi pada panil no.6 bidang C, lorong sisi utara,” jelas perempuan asal Mungkid, Magelang ini.

Kapal dibuat 20 Januari 2003. Diturunkan ke air 26 Mei 2003. Pemasangan cadik 11 Juni 2003. Peresmian kapal pada 15 Juli 2003 oleh I Gede Ardhika Menteri Kebudayaan dan Pariwisata bersama Unesco di Pelabuhan Benoa, Bali.

Adapun ekpedisi kayu manis lanjut perempuan 22 tahun ini dilaksanakan 15 Agustus 2003 dilepas Presiden RI, Megawati Soekarnoputri dari Jakarta menyusuri Madagaskar, Cape Town menuju Pantai Barat Afrika dan berakhir di Ghana, 23 Februari 2004.

Sukses menjalani ekpedisi, kapal dikirim ke Indonesia dalam keadaan terpotong-potong. “Di Indonesia, potongan kapal dirakit kembali lalu ditempatkan di museum ini, mas,” terang Riska, sembari tersenyum. (Mus)

Source Image: flickr.com

Read 510 times

Ponpes Az Zahra

SMP Az Zahra