Umum

Jepara, Belajar jurnalistik secara otodidak menjadi berkah tersendiri bagi Syaiful Mustaqim. Pasalnya sejak 2006 sampai sekarang ia telah mengunduh banyak hal. Mulai menjadi pembina jurnalistik di berbagai sekolah, guru bahasa Indonesia hingga mengisi pelatihan menulis tingkat kabupaten maupun nasional hingga tulisannya termuat di berbagai media. Hal itu tidak lepas dari jerih parahnya menggawangi Lembaga Pers Siswa (LPS) Smart yang merupakan kumpulan jurnalis pelajar dari kecamatan Pecangaan, Kalinyamatan, Welahan dan Nalumsari.

Direktur Pembinaan SMK, HM Mustaghfirin Amin saat memberikan pengarahan Rapat Koordinasi SMK Berbasis Pesantren Se-Jawa Tengah dan DIY menyatakan, SMK Pesantren mempunyai empat keunggulan.

Magelang - Di kompleks Candi Borobudur Magelang ada museum Kapal Samudraraksa. Kapal Samudraraksa terinspirasi ide mantan angkatan Laut Inggris Philip Beale saat berwisata ke Candi Borobudur dan melihat keindahan relief kapal di candi 20 tahun silam.

Jepara - Mbah Tohir, manusia panggung yang meski telah berusia lanjut, masih semangat untuk melakukan pendidikan-pendidikan keteateran ke seluruh Indonesia.

Lebih dari 35 kota ia sambangi untuk pentas monolog. Salah satu tempat yang ia kunjungi adalah Jepara. Bertempat di Pendopo Kecamatan Bangsri kabupaten Jepara, Minggu, (27/12) malam Mbah Tohir mempersembahkan Jokasmo.

Jepara, Az Zahra - Ratusan santri pesantren Az-Zahra desa Sekuro kecamatan Mlonggo kabupaten Jepara menggelar jalan sehat, Rabu (9/9) pagi. Kegiatan positif ini diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang biasa diperingati saban 9 September.

Santri SMP dan SMK Az-Zahra ini menempuh rute dari kompleks pesantren mengelilingi desa Jambu untuk kemudian kembali ke pesantren.

Jepara, azzahra.or.id - Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Mlonggo Jepara bekerja sama dengan SMK Az Zahra Mlonggo Jepara menyelenggarakan Seminar “Islam Nusantara di Tengah Ancaman Radikalisme” di aula SMK, Kompleks Pesantren Az Zahra, Jalan Raya Jepara-Bangsri Km. 12 Sekuro Mlonggo Jepara, Sabtu (17/10) pagi.

Jepara, azzahra.or.id - Nasionalisme pemuda saat ini bisa dibilang mengalami penurunan. Karena mereka menganggap sekarang sudah tidak ada perjuangan mengangkat senjata lagi. Sebab mereka hanya tinggal menikmati hasil perjuangan. Keprihatinan itu diuraikan Dwi Suryoatmojo, Peneliti Madya Kementerian Pertahanan RI dalam seminar bertajuk “Islam Nusantara di Tengah Ancaman Radikalisme” yang berlangsung di aula SMK Az Zahra Mlonggo Jepara, kompleks Pesantren Az Zahra, Jalan Jepara - Bangsri Km.12 Sekuro Mlonggo Jepara, Sabtu (17/10).

Jepara - Lembayung Production, salah satu komunitas pelestari budaya di Jepara memanfaatkan keramaian Ramadhan yang berada di Kalinyamatan, khususnya di desa Purwogondo. Komunitas yang beberapa tahun ini nguri-nguri tradisi Baratan di Kalinyamatan mengajak pengunjung Pasar Malam di Purwogondo untuk peduli Gaza di Palestina yang dibombardir tentara Israil.

Ponpes Az Zahra

SMP Az Zahra