Jumat, 26 Mei 2017 13:34

Ilmu Bermanfaat Bagai "Cahaya", Tak Manfaat Laksana "Api"

Written by sm
Rate this item
(0 votes)

Jepara, azzahra.or.id

Orang yang berilmu sebisa mungkin memberikan penerangan kepada orang lain. Ibarat itu sesuai dengan ungkapan al ilmu nuurun, ilmu adalah cahaya. Sehingga ilmu yang manfaat bagai “cahaya” sebaliknya jika ilmu tidak manfaat bagai “api”.

Habib Muthohar memaparkan hal itu dalam Haflah Akhiris Sanah dan Harlah Az Zahra XII bertempat di halaman pesantren Az Zahra desa Sekuro kecamatan Mlonggo Jepara, Sabtu (20/05) kemarin. Menurut pengasuh mujahadah bulanan pesantren Az Zahra, orang berilmu adalah makhluk yang mulia.

Orang yang berilmu mulia segala-galanya. Sehingga setelah Adam turun ke bumi dan dikaruniai ilmu, ia, kata Habib menjadi manusia yang mulia. “Malaikat disuruh sujud kepada Adam mau tunduk tetapi setan membangkang perintah Allah,” urainya kepada wisudawan SMP dan SMK Az Zahra serta kepada wali santri.

Alhasil, agar ilmu itu bisa menjadi penerang kepada yang lain tentu paparnya perlu diamalkan. Usai lulus dari SMP dan SMK lanjut Habib yang tinggal di Mlonggo Jepara itu agar meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga akan memberikan kemanfaatan kepada orang lain.

Hal yang dikemukakannya itu sejalan dengan utlubul ilma minal mahdi ilal lahdi, menuntut ilmu dari buaian hingga liang lahat. “Ilmu yang manfaat ialah ilmu yang membawa kesejahteraan untuk pemiliknya dunia dan akhirat,” jelasnya sembari diamini hadirin. Dalam menuntut ilmu tambahnya tidak usah prihatin.

Karena rezeki akan ditanggung oleh Allah SWT. Semakin berilmu, lanjutnya orang harus makin tawaduk. Tawaduk kepada siapa saja termasuk kepada guru. Kesempatan itu, Habib Muthohar juga memplesetken singkatan SMK menjadi Sudah Masanya Kawin. “Sudah siap belum karena sudah masanya? tanya Habib kepada wisudawan.

Jika sudah siap ia meminta untuk qabiltu karena itu bagian dari sunnah rasul. Kegiatan yang bersamaan dengan wisuda purna SMP ke-10 dan SMK ke-7 itu juga dimeriahkan dengan paduan suara, gerak lagu, tari serta silat dari santri SMP dan SMK. (sm)

Read 47 times Last modified on Jumat, 26 Mei 2017 13:44

Ponpes Az Zahra

SMP Az Zahra