PMII Latih Santri Az-Zahra Kelola Website

Written by Admin

Jepara, NU Online - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Sains dan Teknologi Unisnu Jepara melatih santri SMK Az-Zahra Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah untuk mengelola Website.

Kegiatan bertema Membangun Aplikasi Berbasis Web Menggunakan HTML, CSS Bootstrap dan PHP itu dilaksanakan di ruang Multimedia Jum’at-Sabtu (1-2/4) lalu.

Pada sesi pertama dan kedua, peserta memperoleh materi Instalasi, HTML Dasar, CSS, dan Bootstrap. Pada pertemuan berikutnya yang akan dilaksanakan Jumat-Sabtu (8-9/4) mendatang, peserta akan diberikan materi PHP Dasar dan Pengujian APP.

Dalam pelatihan yang berlangsung 4 hari itu, Teguh Zulianto Ketua PMII Rayon Sains dan Teknologi menyatakan, dengan kegiatan itu pihaknya berkeinginan menjadikan generasi muda menjadi produktif dan bukan generasi konsumtif.

Agar menjadi kader yang produktif dirinya memaparkan dengan kegiatan-kegiatan yang positif cita-cita itu bisa tercapai.

Kegiatan pelatihan website ada kaitannya dengan jurusan yang dimiliki oleh SMK Az-Zahra yakni Multimedia. Salah satu mata pelajaran yang diterima oleh santri adalah Mengisi Halaman Website.

Sehingga kegiatan itu menurut Khoirul Khakim bisa menjadi sarana untuk mengembangkan web, desain, dan programmer yang andal. Salah satu pengajar mapel produktif itu juga membeberkan pandai mengelola website bisa dimanfaatkan untuk jual beli online.

“Dengan jualan online, santri bisa mendapat keuntungan. Adapun masyarakat yang dagangannya dijualkan bisa tambah terangkat harkat martabatnya,” imbuh dia.

Nurul Khikmatul AM, salah satu peserta yang kali pertama mengikuti kegiatan mempunyai rasa ingin tahu ke tahap yang berikutnya. Apalagi materi tentang web baru ia dapatkan di kelas XI nanti.

“Saya ingin bisa belajar lagi tentang web agar bisa otak-atik HTML lebih dalam,” harap dia yang juga santri pesantren Az-Zahra. (Syaiful Mustaqim/Fathoni)

Read 188 times

Ponpes Az Zahra

SMP Az Zahra